Awal Tahun 2019, Kebakaran Lahan Muncul di Riau

Awal Tahun 2019, Kebakaran Lahan Muncul di Riau

Pekanbaru, AmiraRiau.Com-Belum genap sepakan memasuki tahun 2019, kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali muncul di Riau. Tim Polres Rokan Hilir (Rohil) berjibaku padamkan lahan gambut terbakar.

Karhutla ini tepatnya terjadi di Dusun Rokan Jaya, Desa Mumugo, Kecamatan Tanah Putih, Rohil. Api terpantau sejak Sabtu (5/1/2019).

“Tim langsung kita kerahkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Ada 22 personel Polres dan 10 personel Polsek Tanah Putih,” kata Kapolres Rohil, AKBP Sigit Adiwuryanto kepada wartawan, Minggu (6/1/2019), dilansir detik.com.

Baca juga: BMKG Temukan 10 Titik Kebakaran Hutan di Aceh

Sigit menjelaskan, lahan yang terbakar merupakan kawasan semak belukar. Kondisinya merupakan lahan gambut.

Sejak pagi hari, kata Sigit, timnya melakukan pemadaman dengan dua alat mesin semprot air. Pemadaman ini dipimpin Kapolsek Tanah Putih Kompol L Simatupang dan Kasat Narkoba AKP Herman Pelani.

“Menuju lokasi kebakaran lahan menempuh medan yang sangat sulit sekitar 40 km dari tepi badan jalan. Tim yang menempuh dengan kendaraan roda empat butuh waktu satu jam baru bisa ke lokasi,” kata Sigit.

Pemadaman juga sangat sulit. Ini karena di lokasi angin sangat kencang di tengah teriknya matahari.

“Sehingga jarak pandang terganggung akibat asap dalam upaya pemadaman,” kata Sigit.

Namun demikian, kata Sigit, akhirnya tim berhasil melakukan pemadaman. Yang tersisa hanya asap kecil di lokasi kebakaran seluas 30 hektare tersebut.

“Tidak tertutup kemungkinan apa bila ada angin kencang api akan hidup kembali. Kita minta semua pihak untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” tutup Sigit. (e2)

(sumber foto: dtc)

Previous Asyik Santai di Rumah, Dedi & Istri Digerebek Polisi
Next CPNS yang Mengundurkan Diri Siap-siap Di-blacklist

About author