Apindo Luncurkan UMKM Merdeka, Syamsuar: UMKM Riau Harus Jadi Pemain Bukan Penonton

PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara langsung menghadiri peluncuran program UMKM Merdeka yang di taja oleh DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Riau. Program ini mempunyai tagline “UMKM Tumbuh Mahasiswa Tangguh”

Pada acara itu juga dilaksanakan juga penandatangan MoU kepada pemerintah daerah, pelaku usaha, dan enam perguruan tinggi di Riau. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (1/11/2023).

Dikatakan Gubri Syamsuar, peluncuran program ini tentunya akan meningkatkan kerja sama, serta memiliki potensi besar di dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya wilayah Provinsi Riau yang meliputi UMKM dan mahasiswa. Dengan begitu, menurutnya komitmen ini dapat terus dipertahankan.

Kami harapkan kepada ketua Apindo Riau, tidak hanya sepakat pada hari ini saja. Harapan saya bisa diperluas lagi, karena perusahaan di Riau ini cukup besar jumlahnya,” katanya.

Dijelaskan, adanya program usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Merdeka ini dapat menjadikan dorongan untuk pertumbuhan ekonomi. Sehingga, ke depannya dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi Indonesia Emas Tahun 2045.

“Jangan kita ini jadi penonton di kampung sendiri, harusnya kita juga bisa jadi pemain di kampung sendiri. Karena itu memang SDM yang berkualitas wajib dipersiapkan dalam rangka untuk menghadapi Indonesia emas tahun 2045,” jelasnya.

Diterangkan, tahun 2045 tentunya Riau juga akan mendapatkan bonus demografi apabila yang usia produktif dan generasi muda ini berkompeten memiliki keterampilan serta keahlian berkualitas. Meski begitu, pasti siap bersaing dengan anak-anak dari seluruh negara di dunia.

“Karena itulah tentunya kami harapkan kepada Apindo mari kita saling bantu membantu, pemerintah daerah juga bantu, pemerintah pusat juga bantu. Untuk kalangan usaha, jadikan komitmennya agar memperhatikan kepedulian kepada masyarakat sekeliling perusahaan agar tidak terjadi adanya kesenjangan sosial,” terangnya.

Diungkapkan, karena perusahaan Riau ini masih cukup banyak. Oleh karna itu, memungkinkan lagi ditambah dengan kerjasama kepada pelaku-pelaku ekonomi lain termasuk juga dengan pegiat usaha ekonomi yang ada di berbagai kampus dan sekolah-sekolah di Riau.

“Kami kira ini saja yang saya sampaikan terima kasih dan mudah-mudahan ini semua demi kemajuan ekonomi Riau di masa yang akan datang.

Karena ini untuk bangsa dan negara bagaimana ke depan pelaku UMKM kita bisa sejahtera dan anak-anak juga bisa kuliah dengan mendapatkan kesempatan untuk menjadi enterpreneur,” pungkasnya. ***

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar