Akibat Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan di Pekanbaru Terganggu

0
36

PEKANBARU (AmiraRiau.com) – Kabut asap yang melanda Provinsi Riau khususnya Pekanbaru sebulan terakhir berdampak pada penerbangan sejumlah pesawat dari dan menuju ke Pekanbaru.

Dari pantauan AmiraRiau.com pada Selasa (23/09/2019) terlihat penumpukan penumpang di Bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru. Terjadi penundaan jadwal penerbangan beberapa pesawat akibat jarak pandang kurang dari 800 meter.

Kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau menimbulkan kerugian berbagai pihak termasuk penumpang yang terpaksa ditunda keberangkatannya dari Pekanbaru menuju berbagai kota akibat kabut asap yang menutup landasan pacu pesawat.

Salah satu penumpang pesawat, Nurmawati menuturkan, “Sudah 2 hari kami menunggu diberangkatkan ke Jakarta. Memang kami disediakan hotel untuk beristirahat tapi nasib kami belum jelas kapan akan berangkatkan. Kami harap bisa segera diberangkatkan”.

Hingga siang ini sudah 2 pesawat dinyatakan batal take off dari Pekanbaru menuju ke Batam. Sedangkan penerbangan lain masih menunggu cuaca membaik dan jarak pandang lebih dari 800 meter.

Menurut keterangan Naomi Yonanda bagian informasi Bandara Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru, “Hingga siang ini 7 pesawat yang berhasil berangkat menuju Jakarta, Surabaya, dan Jambi dan baru satu pesawat yang berhasil landing di sini, sedangkan penerbangan lain dialihkan ke Bandara Hang Nadim Batam. Untuk pesawat yang dibatalkan, bisa langsung melapor ke maskapai untuk refound tiket”. (Amira)