Air Waduk Naik Signifikan, PLTA Koto Panjang Buka 3 Pintu Air Serentak

PLTA Koto Panjang Buka 3 Pintu Air

KAMPAR, AmiraRiau.com – Managemen PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau membuka tiga pintu waduk sekaligus pada Sabtu (11/5/2024) pukul 11.00 WIB. Pembukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) setelah dua minggu lalu PLTA Koto Panjang menutup dua pintu waduk karena debit air mengalami penurunan.

Plh Manager PLTA Koto Panjang, Frans Boyce Patiharauw mengatakan pembukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan naiknya debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

“Dikarenakan cukup tingginya curah hujan di area Waduk PLTA Koto Panjang beberapa hari ini yang menyebabkan kenaikan elevasi waduk kita menjadi 83,58 mdp, maka untuk itu kami melakukan pembukaan tiga Pintu Spillway dengan bukaan masing-masing 30 Cm,” ujar Boyce.

Dengan pembukaan tiga pintu tersebut, kata Frans Boyce, maka perkiraan air permukaan sungai akan mengalami kenaikan setinggi 20-30 cm dari kondisi terakhir.

“Hingga pagi ini elevasi waduk 83.59 Mdpl, dengan rincian Outflow Turbine 257.55 m3/s dan Inflow Waduk 372.89 m3/s,” tukasnya.

Dengan adanya pembukaan tiga pintu waduk, diharapkan masyarakat yang tinggal disepanjang sungai kampar waspada karena air sungai akan terjadi kenaikan.***

Penulis: Ady, Editor: Alseptri Ady

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar