Abdul Manan : Pewarta Harus Sajikan Berita Berdasarkan Data Aktual dan Kenyataan di Lapangan

0
12

Medan (amirariau.com) – Hari Kedua Banking Journalism Workshop yang deiselenggarakan Sekolah Jurnalisme AJI bekerja sama dengan Kedutaan Australia dan Bank Permata diisi dengan berbagai materi yang dapat mendukung wartawan dalam menyajikan pemberitaan berorientasi data.

Workshop yang diadakan di Hotel Radisson Medan (8/12/2019) diisi oleh Eti Candrawati selaku Division Head, Balance Sheet Management, Corporate Planning, and Investor Relation Permata Bank dengan mengajak peserta untuk menganalisa keadaan dan laporan perbankan yang disediakan oleh website resmi Bank Indonesia, IDX, dan website Bank itu sendiri.

Pada sesi kedua, Abdul Manan selaku Ketua AJI Indonesia dengan membahas jurnalisme data yang dapat digunakan wartawan untuk menyajikan berita berdasarkan data yang sesuai di lapangan, menyajikan informasi yang mudah dimengerti oleh masyarakat, juga untuk mencocokkan statement pemerintah apakah sudah sesuai dengan yang berjalan di lapangan.

“Jurnalisme data memang hal yang sulit karena memerlukan waktu dan kemauan yang kuat untuk mempelajarinya sebelum mmengolah dan menyajikan data sebagai acuan informasi yang kita publikasikan. Tetapi sisi baiknya, hal ini juga bisa menjadi keunggulan yang kompetitif bagi wartawan”, jelas Abdul Manan.

Teknik visualisasi juga penting karena dapat digunakan untuk melihat korelasi antara hal yang diucapkan dengan kenyataan yang ada di lapangan.

“Untuk membuat berita itu menjadi hidup berdasarkan data yang ada dari lembaga yang kredibel, perlu disajikan lebih dari satu macam data dalam penyajian visualisasi agar dapat melihat korelasinya”, tambah Ketua AJI Indonesia ini. (amira)