6 Tips Memilih Alat Masak yang Bagus, Aman, dan Praktis untuk Sehari-hari

0

Memilih peralatan masak yang sehat dan aman untuk digunakan, tentu harus Anda pertimbangkan. Jangan sampai alat masak yang dipakai mengandung bahan berbahaya dan tidak bagus untuk kesehatan. Sebab, Alat masak ini akan digunakan untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi bersama keluarga.

Bingung Cari Alat masak yang Aman dan Praktis? Ini Rekomendasinya!
Saat ini jenis peralatan masak memang semakin beragam. Demi kesehatan diri sendiri dan keluarga, Anda harus memilih peralatan masak yang terbaik. Pastikan untuk lebih teliti lagi dalam memilih alat masak agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa menghasilkan makanan-makanan yang enak. Berikut adalah 6 tips memilih alat masak yang bisa Anda lakukan:

1. Perhatikan Jenis Bahannya
Langkah pertama, Anda bisa memperhatikan jenis bahan yang digunakan untuk membuat peralatan masak tersebut. Tidak semua bahan bisa dipakai untuk membuat alat masak dan tentunya tidak semua aman bagi tubuh. Sebaiknya Anda cari tahu dulu bahan-bahan apa saja yang terbilang aman untuk digunakan sebagai alat memasak.

Stainless steel menjadi jenis bahan yang paling umum digunakan. Bahan ini memang memiliki kualitas yang cukup baik dan bisa menyalurkan panas dengan cepat. Selain itu ada bahan keramik dan kaca yang juga cukup banyak direkomendasikan. Saat ini juga bahan granit cukup populer digunakan sebagai bahan utama pembuatan alat masak.

2. Pastikan Food Grade
Selain memperhatikan kualitas bahan, Anda juga harus memeriksa apakah bahan tersebut food grade atau tidak. Digunakan sebagai alat masak, maka harus dipastikan bahwa bahan tersebut food grade. Artinya, bahan ini memiliki zat-zat atau partikel yang aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Alat masak food grade saat ini semakin mudah untuk dijumpai di pasaran. Masyarakat memang semakin concern dengan masalah kesehatan sehingga lebih teliti dalam memilih alat masak yang berkualitas. Biasanya juga sudah ada logo atau keterangan yang tertempel pada produk sehingga lebih mudah untuk memeriksa apakah alat masak tersebut food grade atau tidak.

3. Pilih yang Ergonomis
Selain memilih alat masak non-toxic atau food grade tadi, Anda juga disarankan untuk memakai alat masak yang ergonomis. Kenyamanan saat memasak sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda memakai alat masak yang tepat dan desainnya ergonomis tentu saja aktivitas memasak akan terasa jauh lebih nyaman.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk memperhatikan bentuk dan desain peralatan masak secara cermat. Anda juga bisa membandingkan alat masak satu dengan yang lain karena pasti desainnya berbeda-beda. Coba perhatikan desain mana yang paling ergonomis dan nyaman untuk digunakan. Selain itu sisi ergonomis ini juga sangat penting karena mempengaruhi keamanan Anda saat memasak.

4. Cek Ketahanannya Terhadap Suhu
Saat memilih peralatan masak yang sehat dan aman, Anda harus memperhatikan ketahanannya terhadap suhu. Tentu saja material yang bagus akan tahan terhadap suhu panas sehingga lebih awet digunakan. Biasanya produk peralatan masak akan mencantumkan ketahanannya terhadap suhu. Informasi ini penting untuk diketahui sebagai salah satu bahan pertimbangan.

Setiap jenis alat masak bisa digunakan untuk teknik memasak yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan pilihan alat masak dengan kebutuhan. Cek ketahanan suhu ini juga bisa dilihat lewat jenis material yang digunakan. Hanya saja setiap material juga bisa memiliki ketahanan yang berbeda-beda, tergantung pada kualitasnya.

5. Baca Review Produk
Tips penting lainnya yang bisa diterapkan adalah baca review atau ulasan produk sebelum membeli. Ini juga menjadi poin penting yang harus dilakukan karena setiap jenis produk memiliki performa yang berbeda-beda dan perlu dicoba langsung agar bisa tahu kualitasnya. Jadi sangat disarankan untuk membaca review terlebih dahulu.

Dengan membaca banyak review, Anda bisa tahu mana produk alat masak yang berbahaya bagi kesehatan dan mana yang terbilang aman. Setiap jenis produk juga pasti punya karakteristik masing-masing yang bisa Anda ketahui lewat ulasan para pengguna. Melalui ulasan-ulasan ini Anda juga bisa lebih mudah membandingkan alat masak satu dan yang lain.

6. Pilih yang Berteknologi Canggih
Sangat disarankan juga untuk memilih peralatan masak yang berteknologi canggih. Di zaman sekarang ini, tentu akan jauh lebih mudah jika Anda memasak pakai alat yang sudah dilengkapi teknologi canggih. Teknologi akan membantu mendukung kualitas dari alat masak tersebut dan tentunya bisa didesain jauh lebih ergonomis serta aman dari segi kesehatan.

Salah satu alat masak canggih dan food grade yang direkomendasikan adalah rice cooker digital. Alat ini digunakan untuk menanak nasi dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Sangat praktis digunakan serta terbilang aman. Tentunya alat ini akan sangat bermanfaat dan penting untuk dimiliki di rumah Anda.

Beli Rice Cooker di Blibli
Anda tak perlu pusing mencari rice cooker digital dan peralatan masak lainnya yang aman bagi kesehatan. Langsung saja kunjungi layanan e-commerce Blibli untuk menemukan banyak pilihan alat masak aman dan sehat. Ada banyak produk tersedia di Blibli dan tentunya ditawarkan dengan harga terbaik.

Blibli juga sangat mudah untuk dijangkau. Anda bisa mengakses e-commerce ini melalui website maupun aplikasi online. Pilihan promonya juga beragam sehingga membantu Anda untuk berbelanja lebih hemat.

Langsung saja kunjungi Blibli sekarang juga untuk mendapatkan produk yang aman untuk digunakan. Pastikan untuk menggunakan alat-alat masak tersebut sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tepat. Rawat dengan cara yang benar agar peralatan masak yang sehat dapat tetap awet untuk jangka panjang.