Menpan RB Dorong MPP Pekanbaru Terapkan Pelayanan Digital

Menpan RB Abdullah Azwar Annas, saat meninjau pelayanan di MPP Pekanbaru, Kamis (7/9/2023).

PEKANBARU – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Annas, mendorong agar Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru segera menerapkan pelayanan digital atau berbasis online.

Hal itu disampaikan Menpan RB, usai meninjau langsung pelayanan yang diberikan di MPP Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (7/9/2023) pagi.

Dalam peninjauan tersebut, Menpan RB tampak didampingi Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Sekdako Indra Pomi Nasution, serta sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Dikatakan Menpan RB, penerapan layanan digital di MPP merupakan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) guna mempermudah warga dan pelaku usaha dalam mengurus berbagai perizinan mapun non perizinan.

“Ini adalah satu model bagaimana mengintegrasikan layanan di satu rumah yang diberi namanya MPP. Untuk itu, kita didorong oleh pak presiden agar membuat MPP digital,” ungkapnya.

Dengan diterapkannya layanan digital, sebut Menpan RB, ke depannya bangunan MPP tidak mesti dibangun terlalu besar karena semua pelayanan bisa diakses secara online tanpa harus datang ke MPP.

“Gedung MPP tidak harus besar. Namun yang penting, layanannya dapat diakses masyarakat. Masyarakat tidak repot lagi mengisi formulir lagi ketika hendak mengakses layanan,” tutupnya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menpan RB ke MPP Pemko Pekanbaru. “Kita akan terus berbanah guna meningkatkan pelayanan di MPP sesuai arahan Pemerintah Pusat,” ujarnya. (abd)

Menampilkan Gambar dengan HTML gambar